Selasa, 29 April 2008

Analisa Fundamental (Fundamental Analysis)

Analisa fundamental (fundamental analysis) adalah metode atau cara untuk memprediksi suatu pergerakan harga dengan cara menyaring berita (news) atau informasi penting lainnya. Sebagian besar analisa fundamental memadukan berita-berita dalam sektor ekonomi, politik dan keamanan dalam sebuah negara dan memadukannya dengan bagaimana reaksi pasar terhadap berita yang disajikan tersebut untuk dapat mengetahui kemana harga hendak bergerak.

Pada dasarnya analisa fundamental digunakan untuk mengetahui dua karakter pasar yang bersifat bullish yaitu berita permintaan (demmand) dan karakter pasar yang bersifat bearish yaitu berita penawaran (supply). Jika permintaan (demmand) bertambah sementara penawaran (supply) tetap maka harga akan segera merangkak naik. Demikian juga sebaliknya ketika penawaran (supply) yang bertambah tetapi demmand tetap maka harga akan mulai turun dikarenakan barang banyak beredar dipasaran.

Faktor besar yang mempengaruhi kedua karakter pasar tersebut adalah :

Faktor keuangan

  • Perubahan kebijaksanaan keuangan sutu negara, nilai ekspor, pendapatan, pengganguran dan lain-lain akan sangat berpengaruh terhadap nilai tukar mata uang negara tersebut.

Tingkat Suku Bunga

  • Besar kecil tingkat suku bunga berpengaruh terhadap nilai mata uang yang kemudian berpengaruh juga terhadap suku bunga kredit, ketertarikan investor, Dan lain-lain.

Faktor Politik dan Sosial

  • Perubahan politik suatu negara, pergantian pimpinan, kabinet, tingkat keamanan, dan lain-lain. Semakin stabil negara tersebut , akan semakin baik nilai mata uangnya.

Kerusuhan/Bencana

  • Faktor yang tidak dapat selalu diprediksi dan sangat berpengaruh (secara negatif).

Dampak dari sebuah berita (news) :

  1. NonFarm Payroll USA (efek 100 – 200 pips).
  2. Trade Balance USA (efek 70 – 120 pips).
  3. Interest Rate Statements (efek 100 pips).
  4. Durable Good (efek 50 – 100 pips).
  5. Producer Price Index (efek 50 – 60 pips).
  6. PPI excl. Food and Energy (efek 50 – 60 pips).
  7. Consumer Price Index (efek 50 – 60 pips).
  8. CPI excl. Food and Energy (efek 50 – 60 pips).
  9. Trichet, Bernanke, & Fukui Speaks (efek 30 – 100 pips).
  10. Unemployment Rate (efek 30 – 50 pips).

Data fundamental biasanya diterbitkan setiap bulan, kecuali GDP dan Employment Cost Index yang diterbitkan 4 bulanan. Semua data fundamental diterbitkan berpasangan. Angka pertama menunjukan hasil bulan lalu (Previous), sedangkan angka kedua menunjukan angka perkiraan bulan ini (Forecast).

Kelebihan analisa fundamental :

  • Sebagai penggerak harga
  • Sederhana, anda cukup dapat mengetahui apakah naik, turun atau tetap. Tidak seperti teknikal yang perlu menggunakan angka.

Kekurangan analisa fundamental :

  • Seringkali bersifat subyektif dikarenakan psikologi pasar
  • Tidak dapat menjawab kebutuhan secara eksak. Ingat bahwa dasar dari analisa fundamental bukanlah matematika melainkan ilmu ekonomi dan psikologi pasar.

Berikut adalah sumber - sumber informasi untuk mengetahui update berita (news) terbaru, baik yang berbahasa indonesia maupun yang berbahasa inggris.

http://www.forexfacory.com/

Situs berbahasa inggris yang menyediakan informasi berita dari hari senin sampai hari jum'at. Biar tidak bingung sebaiknya ubah jam waktu ke GMT+7, Cari ikon yang berwarna merah karena itu berita penting, selain ikon yang berwarnah merah abaikan saja karena pengaruhnya tidak terlalu besar.

http://www.financeroll.com/

Situs berbahasa indonesia yang menyediakan informasi berita (news) serta analisa fundamental dan analisa teknikal untuk trading pagi dan sore. Anda harus register dulu untuk mendapatkan informasi beritanya.

http://www.fxstreet.com/

Situs berbahasa inggris lengkap dengan menampilkan berita (news) beserta analisa strategi pilihan.

http://www.vibiznews.com/

Situs terlengkap yang menghadirkan berita - berita terhangat.

Tidak ada komentar: